LAPORAN
KEGIATAN
PERTEMUAN LENGKAP IMP Tk. DESA/KELURAHAN
( PERTEMUAN PPKBD/SUB PPKBD )
A.
PENDAHULUAN
Petugas Lapangan
KB (PLKB) adalah Pegawai Pemda Kabupaten/Kota yang bertugas sebagai
pengelola dan pelaksana Program KB Nasional di tingkat Desa/Kelurahan.
PLKB lebih dituntut untuk mengembangkan kemampuan
dalam berperan sebagai pengelola program di pedesaan, karena perkembangan
Program KB menuntut kepedulian dan peran serta tokoh masyarakat dan Lembaga
Swadaya dan Organisasi Masyarakat ( LSOM ) yang semakin meningkat.
Menanggapi tuntutan tersebut, telah dikembangkan
pola operasional yang mampu melibatkan sejauh mungkin peran masyarakat melalui
langkah-langkah PLKB maupun mekanisme lapangan yang di dukung oleh komitmen
yang tinggi oleh tokoh masyarakat dan LSOM di pedesaan. Langkah - langkah PLKB
dan pola operasional ini memberikan hasil yang luar biasa, karena tidak saja
mampu menjadikan Program KB merupakan kebutuhan masyarakat tetapi sekaligus
melibatkan masyarakat dalam pengelolaan Program KB. Oleh karena Instutsi masyarakat pedesaan
memagang peranan penting dalam menjalankan program keluarga berencana ditingkat
desa, dusun dan RT, karena tanpa IMP pogram KB tidak akan berjalan secara
secara maksimal.
B.
DASAR PELAKSANAAN
Dasar pelaksanaan kegiatan Rapat koordinasi (Rakoor)
IMP Tk. Desa/kelurahan oleh PLKB adalah :
1.
Surat dari Dinas Kesehatan dan Keluarga
Berencana Kabupaten Bengkayang Nomor :
814/0146/DINKESKB/2017 tanggal 03 Januari 2017 tentang pelaksanaan tugas dan
fungsi PLKB/PKB.
C.
TUJUAN
1.
Tujuan Umum
Terwujudnya
komitmen kebijakan, strategi dan langkah operasional untuk memenuhi cita – cita
untuk menurunkan TFR dan meningkatkan kesejahteraan keluarga di kecamatan jagoi
babang serta dapat menjadi pendorong ataupun pemicu semangat bagi pengelola KB
di Desa/ Kelurahan untuk dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam
membantu dan memfasilitasi masyarakat untuk dapat berperan aktif sebagai
peserta KB.
2.
Tujuan Khusus
a) Membentuk suatu kesepakatan
antara penanggungjawab dengan Pelaksana dan Pengelola Program serta Institusi
lainnya yang ada di tingkat kelurahan/desa serta meningkatkan kualitas pelayanan KB dan
kesehatan reproduksi.
D. WAKTU, TEMPAT DAN PESERTA
Kegiatan Rapat Koordinasi ( Rakoor ) Program
KB tingkat Kecamatan ini dilaksanakan pada hari kamis 23 februari 2017
bertempat di Kantor KB Kecamatan Jagoi Babang.
Peserta Kegiatan Rapat Koordinasi ( Rakoor )
Program KB Tingkat desa berjumlah 10 orang terdiri dari :
1)
Kepala Desa
2)
Perangkat Desa
3)
PPKBD/Sub PPKBD
E. MATERI
Materi yang telah disampaikan kepada peserta
pertemuan IMP Tk. Desa adalah :
1.
Gambaran umum tentang
program BKKBN
2.
Gambaran serta dampak dari
keluarga yang tidak ber KB
3.
Kesehatan reproduksi,
pembangunan keluarga sejahtera dan keluarga berkualitas
F. PEMBIAYAAN
Pertemuan lengkap IMP Tk. Desa/kelurahan dibiayai dana lini lapangan
PLKB tahun 2017.
G. PENUTUP
Demikian laporan kegiatan dan evaluasi
Pelatihan Revitalisasi IMP bagi Kader PPKBD dan Kader Sub PPKBD desa se kecamatan
jagoi babang tahun 2017 ini semoga dapat bermanfaat memberikan pencerahan dan
bermanfaat bagi peserta.
Bengkayang,
Februari 2017
PLKB
Kecamatan Jagoi Babang
Yulianus Anang. S.Pd
Good job
BalasHapustrim bro
BalasHapusTerima kasih
BalasHapus